Kamis, 02 Oktober 2008

STOP MEROKOK..SANGAT BERBAHAYA..!!!


Oleh : Prayitno Ramelan
(Sindo-Senin, 10/09/2007)

Banyak orang sadar bahwa merokok dapat membunuhnya.Mereka juga mengetahui merokok menjadi penyebab serangan jantung, stroke,kanker paru-paru,dan beberapa penyakit berat lainnya.Namun,para perokok tetap saja tidak peduli dan tetap tersenyum apabila diingatkan dengan ancaman yang setiap saat akan dapat menyiksanya dalam waktu lama,dan bahkan dapat merenggut nyawanya.

Menurut Data dari National Health Education Department, Ministry of Health of Singapore, bahwa 90% kematian karena kanker paru-paru terjadi di antara perokok di Singapura. Penyebab utama kematian di Singapura adalah penyakit jantung. Hasil penelitian membuktikan, 40% kematian karena penyakit jantung sebelum umur 65 tahun berhubungan dengan rokok/perokok. Sementara Stroke menempati peringkat ketiga penyebab kematian di Singapura.

Berdasarkan data tersebut, disumbangkan tulisan ini yang bahannya didapat dari sejumlah rumah sakit di Singapura,di mana pemerintah Singapura dalam rangka tindakan melindungi warganya telah mengeluarkan larangan merokok pada tempat-tempat pelayanan publik, yang didukung peraturan dengan sanksi yang keras.

Saat ini kebiasaan merokok di Indonesia tidak hanya didominasi kaum pria, juga sudah merambah secara luas ke kaum wanita dan anak-anak kecil. Hal ini yang patut kita prihatinkan bersama. Di kalangan pria,merokok adalah simbol kedewasaan, kalau tidak merokok dikatakan kurang gagah, kurang jantan, kurang gaul, di kalangan wanita merokok dianggap sebagai suatu kemajuan zaman,perkembangan mode,gaya hidup,gengsi,dan alat pergaulan yang modern.

Apabila kita perhatikan,di berbagai kafe, restoran,banyak wanita yang merokok, bersaing dengan kaum pria. Dapat dibayangkan, saat ini rokok secara besar-besaran diiklankan, baik di media elektronik, media cetak, maupun di tepi jalan dengan demikian megah dan hebatnya. Rokok justru menjadi sponsor berbagai pertandingan olahraga, pagelaran musik,dan kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan.

Kita mungkin hanya dapat pasrah dan tidak berdaya menghadapi ancaman yang semakin meluas ini,kecuali pemerintah benar-benar serius menerapkan peraturan yang membatasi daerah larangan merokok dengan penerapan sanksi yang jelas,seperti yang diterapkan di Singapura, Australia, Amerika Serikat, dan negara maju lainnya. Ini adalah salah satu tugas berat dari menteri kesehatan dan pemerintah daerah selama masih memikirkan kesehatan rakyatnya.Semoga saja.

Apakah terbukti bahwa merokok dapat menimbulkan penyakit?

SemuaPusatKesehatanterbesar di dunia setuju bahwa merokok dapat menyebabkan kanker paruparu, mulut,leher,pankreas, ginjal, kandung kemih, serta menjadi penyebab serangan jantung,stroke,tekanan darah tinggi, dan gangguan pembuluh darah. Juga sebagai penyebab penyakit paru-paru kronik seperti bronkitis dan pembengkakan paru-paru.Perokok lebih sering menderita batuk dan flu,infeksi paru-paru,radang usus,osteoporosis, impotensi,dan kemandulan.

Membahayakan mana, rokok atau cerutu?

Setiap rokok/cerutu mengandung lebih dari 4.000 jenis bahan kimia, di mana 400 dari bahanbahan tersebut dapat meracuni dan 40 dari bahan tersebut dapat menyebabkan kanker. Ada beberapa contoh zat berbahaya di dalam rokok yang perlu diketahui :

Nikotin
Nikotinlah yang menyebabkan ketergantungan. Nikotin menstimulasi otak untuk terus menambah jumlah nikotin yang dibutuhkan. Semakin lama, nikotin dapat melumpuhkan otak dan rasa, meningkatkan adrenalin, yang menyebabkan jantung diberi peringatan atas reaksi hormonal yang membuatnya berdebar lebih cepat danbekerjalebih keras. Ini berarti jantung membutuhkan lebih banyak oksigen untuk dapat terus memompa. Nikotin juga menyebabkan pembekuan darah lebih cepat dan meningkatkan risiko serangan jantung .

Karbon Monoksida
Gas berbahaya pada asap rokok ini seperti yang ditemukan pada asap pembuangan mobil. Karbon monoksida menggantikan sekitar 15% jumlah oksigen yang biasanya dibawa oleh sel darah merah sehingga jantung si perokok menjadi berkurang suplai oksigennya. Hal ini sangat berbahaya bagi orang yang menderita sakit jantung dan paru-paru karena akan mengalami sesak napas/napas pendek dan menurunnya stamina. Karbon monoksida juga merusak lapisan pembuluh darah dan menaikkan kadar lemak pada dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan.

Tar
Tar digunakan untuk melapisi jalan/aspal,pada rokok/cerutu tar-partikel menyebabkan tumbuhnya sel kanker. Sebagian lagi berupa penumpukan zat kapur,nitrosmine, dan B-naphthylamine, Kadmium,dan Nikel.

DDT
Ddt juga terdapat di dalam rokok,DDT adalah pestisida untuk membunuh nyamuk dan semut.Arsenik. Arsenik adalah racun pembunuh semut putih dan banyak digunakan pembunuh terkenal.Cadmium. Bahan kimia yang terdapat pada baterai.Formaldehyde. Bahan kimia yang biasanya dikenal untuk membalsam mayat.

Hydrogen Cyanide.
Adalah racun yang digunakan untuk hukuman mati pada kamar gas.

Naphthalene
Zat mematikan yangterdapatjugapadakapurbarus.

Polonium-210
Adalah zat radioaktif.

Vinyl Chloride
Zat kimia yang digunakan untuk membuat plastik.

Apakah merokok membuat ketergantungan?

Rokok mengandung nikotin yang sama kandungan ketergantungannya dengan heroin atau kokain. Hanya dibutuhkan waktu 10 detik bagi nikotin untuk mencapai otak,tempat dimulai reaksinya, yang membuat tubuh dan pikiran seseorang perokok menjadi tergantung terhadap zat tersebut.Orang akan dapat menjadi sangat tergantung setelah merokok beberapa batang.Seorang perokok akan menemukan dirinya membutuhkan merokok terus-menerus untuk menaikkan kadar nikotin di dalam tubuh. Apabila tidak merokok, seorang perokok akan merasakan perasaan yang tidak nyaman, yang kemunculannya disertai rasa lelah, kesemutan pada tangan, sakit kepala.

Adakah cara merokok aman?

Tidak ada satu pun cara merokok yang aman. Rokok dengan kandungan tar yang rendah mengandung racun kimia yang sama dengan rokok biasa.Selain itu karena perokok mempunyai ketergantungan dengan nikotin,kandungan tar yang rendah menyebabkan mereka akan menghirup lebih kuat atau merokok lebih dari biasanya. Pada akhirnya, jumlah tar dan nikotin yang masuk ke dalam tubuh para perokok tersebut menjadi sama dengan apabila mereka merokok rokok biasa. Filter rokokdapat menyaring sebagian dari tar dan nikotin, tetapi tidak menghilangkan adanya racun dari rokok yang terisap. Rokok dengan menthol hanya mengubah rasa dari rokok, tetapi tidak mengurangi bahaya dari merokok itu sendiri.

Apakah saya akan tetap berisiko apabila rokok tersebut hanya dihirup tanpa menelan asapnya?

Banyak zat kimia di dalam asap rokok (termasuk nikotin) bisa terserap lewat mulut dan hidung,nikotin bahkan dapat terserap melalui kulit.Asap yang Anda tiupkan tetap berada di sekeliling udara dan pada saat Anda menghela napas berikutnya, asap tersebut langsung terhirup menuju paru-paru Anda. Terlebih banyak perokok yang tidak peduli dan tetap merokok di ruang ber-AC,banyak perokok mengisap tanpa menyadarinya bahwa hal tersebut samasepertipadasaatmereka menghirupnya. Demikian juga berlaku bagi mereka yang bukan perokok, tetapi berada di ruangan yang sama dengan perokok tersebut.

Apa yang dimaksud dengan perokok pasif dan mengapa berbahaya?

Seorang perokok pasif adalah orang lain yang menghirup asap dari orang lain yang merokok. Sudah dibuktikan bahwa perokok pasif menderita risiko kesehatan yang sama dengan orang yang merokok. Perokok pasif biasanya menderita iritasi mata,hidung berlendir,sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Apabila perokok pasif tetap berada di kondisi lingkungan perokok aktif, mereka mempunyai peluang yang lebih besar untuk terkena kanker paru-paru, serangan jantung, dan infeksi paru-paru.

Apakah bahayanya bagi anak-anak perokok pasif?

Anak-anak akan berada dalam keadaan bahaya apabila orangtuanya perokok dan juga merokok di rumah.Pertumbuhan dan perkembangan paru-parunya akan menjadi lambat, mereka akan lebih sering mengalami batuk, flu, dan infeksi seperti pneumonia. Yang berpenyakit asma semakin memburuk atau bagi yang belum pernah mengalami asma,maka penyakit asma akan dapat mengembang. Anak-anak akan mengalami lebih banyak gangguan pada telinga, hidung,dan tenggorokan.Pada akhirnya mereka nanti juga akan menjadi perokok sama seperti orangtuanya mencontohkan.

Apa yang terjadi bila wanita merokok saat hamil?

Pada saat wanita hamil dan merokok, maka zat kimia yang ada akan berpindah dari sang ibu ke darah janin yang dikandungnya. Bayi wanita perokokkemungkinan akan terlahir kekurangan gizi/kekurangan berat badan,prematur atau bahkan meninggal. Bayi-bayi tersebut lebih sering meninggal pada tahun pertama kelahirannya. Kalaupun selamat, mereka mempunyai risiko terkena infeksi paru-paru dan keterlambatan/ keterbelakangan fisik dan mental. Studi membuktikan, meski wanita hamil tidak merokok, asap yang dihirup dari suami perokok dapat memberikan efek samping kepada janin yang dikandungnya.

Apa keuntungan saya berhenti, setelah merokok bertahun-tahun?

Apabila perokok berhenti, tubuhnya akan bebas dari nikotin selama delapan jam, dalam kurun waktu satu minggu,banyak efek samping dari merokok akan menghilang.Secara perlahan, tubuh akan memperbaiki sendiri apa yang sudah dirusak tembakau, selama dia belum terkena serangan penyakit ganas sebagai akibat merokok.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok.Perlu diingat, penyesalan tidak pernah berada di awal, khususnya setelah seorang perokok divonis menderita serangan jantung, kanker paruparu, dan stroke.

Cara terbaik berhenti merokok?

Tidak ada satu pun cara terbaik, setiap metode bekerja secara berbeda untuk setiap orang. Satu hal menjadi persamaan, semua mantan perokok adalah mereka sangat ingin untuk berhenti merokok. Diperlukan tekad dan kemauan sangat keras untuk melawan racun nikotin.

Berhenti merokok adalah upaya mengalahkan diri sendiri,kenapa Anda tidak mencoba, demi diri sendiri, istri/suami, dan keluarga serta anak-anak yang kita cintai dan sayangi. Hidup yang singkat ini jangan kita jalani dengan menyedihkan atau dengan orang yang menyedihkan, perokok itu orang yang menyedihkan.Selamat berusaha.Berat memang!!!Tapi cobalah!

Tidak ada komentar: